SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di STP Santo Bonaventura KAM
Jum'at, 18-10-2024

Kehidupan Kampus

Sekolah Tinggi Pastoral(STP) Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan merupakan Perguruan Tinggi Agama Katolik yang  menyelenggarakan  Pendidikan Keagamaan Katolik dibawah naungan Keuskupan Agung Medan.

Sesuai namanya, pelindung STP ialah Santo Bonaventura yang sangat terkenal dengan kecerdasannya pada Ilmu Agama. Hal ini menjadi spirit bagi segenap civitas akademika STP St. Bonaventura untuk mencetak pendidik yang tinggi ilmu-tinggi iman dan tinggi pengabdian.

Visi STP Santo Bonaventura yaitu menjadi Institusi yang unggul dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Pendidik Keagamaan Katolik bagi Gereja dan Negara.

Visi ini dicapai melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dibidang pendidikan/pengajaran di STP St. Bonaventura ditopang oleh dosen-dosen professional yang merupakan lulusan S2 dan S3 dari kampus-kampus terbaik dalam dan luar negeri, seperti Roma. Dosen-dosen ini merupakan perpaduan antara awam dengan para rohaniwan terpilih di Lingkup Keuskupan Agung Medan. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena pengajaran diperkaya dengan pengalaman praktis para rohaniawan dalam menata layanan tentang tugas sebagai Imam, Nabi dan Raja sehingga STP sebagai pendidikan seminari awam. Selain itu, STP St. Bonaventura melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara kolaboratif.

Untuk memperkaya pengetahuan & pengalaman praktis mahasiswa dilakukan kegiatan-kegiatan, seperti: WEEKEND Pastoral, Kuliah Kerja Nyata Pastoral di Paroki, Macro Teaching di sekolah, bahkan juga kegiatan pembinaan iman seperti retret atau rekoleksi dan renungan harian.

Mahasiswa STP. St Bonaventura Medan tidak hanya dibekali dengan pendidikan dan ilmu keagamaan katolik semata tetapi juga dibekali dengan soft skill lain yang sangat dibutuhkan, seperti: kesenian (musik,paduan suara dan tarian), kemimpinan dan kewirausahaan yang diperoleh melalui pelatihan yang sistematis dan pendampingan yang berkelanjutan.

Kampus STP St. Bonaventura KAM berlokasi di Kawasan Delitua yang asri dan tenang sehingga memberikan suasana belajar yang nyaman.

Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi mahasiswa, STP Santo Bonaventura telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai, seperti: kampus milik sendiri dengan ruang kelas yang dilengkapi AC dan media audio visual. Selain itu, didukung juga dengan sarana&prasarana penunjang lainya, seperti: perpustakaan dengan koleksi buku terkini dan terlengkap, aula, lab micro teaching, lab liturgi, pusat kesehatan mahasiswa serta asrama Putera dan asrama puteri yang representative.

Lulusan STP mempunyai lapangan kerja yang luas mulai  dari guru pendidikan agama Katolik, Katekis di paroki, penyuluh agama katolik bahkan lulusannya banyak menjadi aparatur sipil Negara atau PNS. Kemudian, bagi lulusan yang berprestasi dan memenuhi syarat, STP Santo Bonaventura mendukung lulusan tersebut untuk melanjutkan studi ke jenjang magister melalui pemberian beasiswa.

STP Santo Bonaventura telah meraih berbagai prestasi, mulai dari tingkat lokal maupun tingkat nasional seperti juara  lomba karya tulis Ilmiah tingkat nasional, juara paduan suara tingkat nasional, lomba khotbah, lomba mazmur, lomba cipta lagu anak, lomba pembuatan animasi minggu gembira, lomba vocal group dan telah meraih berbagai kejuaraan lainnya.

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat maka STP Santo Bonaventura akan terus melakukan inovasi  dan pengembangan diri, diantaranya melalui rencana pembukaan Prodi baru seperti S1 Bimbingan dan Konseling Pastoral, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan juga Program S2, jurusan Pendidikan Keagamaan Katolik.

Mari bergabung bersama STP St. Bonaventura KAM untuk melangkah bersama menjemput masa depan anda.

perestasi