SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di STP Santo Bonaventura KAM
Sabtu, 18-05-2024

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat , Pembinaan Karakter dan Kewarganegaraan Siswa/i SMAK Negeri Samosir 29-30 April 2024

Kamis, 2 Mei 2024

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pembinaan Karakter dan Kewarganegaraan Siswa SMAK Negeri Samosir

 

Pada tanggal 29-30 April 2024 di Hotel JTS Parbaba, Samosir, Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura (STP) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMAK Negeri Samosir. Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter dan kewarganegaraan siswa SMAK Negeri Samosir.

Kegiatan ini diikuti oleh 110 siswa SMAK Negeri Samosir. Para siswa sangat antusias dan tidak bosan mengikuti kegiatan ini karena para narasumber menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kaum muda dan juga diselingi dengan berbagai game dan icebreaking.

Narasumber kegiatan ini: Bapak¬† Dr. Johannes Lumbanbatu, M.Th – Materi: Siswa “Berkatolik dan Berbudaya”. Bapak Dr. Din Oloan Sihotang, M.Pd – Materi: “Generasi Muda Smart and Good Citizenship“. Ibu Elisa Ginting, S.Pd, M.Pd – Materi: “Self Compassion Generasi Muda”.

Siswa “Berkatolik dan Berbudaya”: Materi ini membahas tentang pentingnya bagi siswa Katolik untuk memahami dan mengamalkan ajaran agamanya serta untuk menjaga dan melestarikan budaya mereka.

Generasi Muda Smart and Good Citizenship: Materi ini membahas tentang pentingnya bagi generasi muda untuk menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Selain itu, materi ini juga membahas tentang pentingnya bagi generasi muda untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Self Compassion Generasi Muda: Materi ini membahas tentang pentingnya bagi generasi muda untuk memiliki rasa kasih sayang dan penghargaan terhadap diri sendiri. Materi ini juga membahas tentang bagaimana cara generasi muda untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Penyampaian materi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, kuiz, game, kerja tim, dan discovery learning. Metode-metode ini dipilih agar para siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan agar mereka dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para siswa SMAK Negeri Samosir dapat:

  1. Memahami dan mengamalkan ajaran agama Katolik dengan baik.
  2. Menjaga dan melestarikan budaya mereka.
  3. Menjadi pribadi yang cerdas dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
  4. Menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
  5. Memiliki rasa kasih sayang dan penghargaan terhadap diri sendiri.
  6. Mampu mengatasi stres dan kecemasan.

Kegiatan pembinaan karakter dan kewarganegaraan siswa SMAK Negeri Samosir ini berjalan dengan lancar dan sukses. Para siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa SMAK Negeri Samosir dalam mengembangkan karakter dan kepribadian mereka.

Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkala. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi STP untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter bangsa.