SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di STP Santo Bonaventura KAM
Sabtu, 18-05-2024

Pembuatan Buku Pedoman Keaktifan Guru Agama Katolik PNS dalam Hidup Menggereja di Paroki

Selasa, 16 April 2024

Pembuatan Buku Pedoman Keaktifan Guru Agama Katolik PNS dalam Hidup Menggereja di Paroki

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyusun buku pedoman yang akan menjadi panduan bagi para guru agama Katolik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memperkuat kehidupan keagamaan dan pengabdian mereka di lingkungan paroki. Orang-orang yang terlibat adalah:

  1. Pastor Erwin Manullang, OFM.Cap (Ketua KOMDIK KAM)
  2. Bapak Marihuttua Pasaribu (Pembimas Katolik SUMUT)
  3. Johannes Sohirimon Lumbanbatu, M.Th (Dosen STP Santo Bonaventura)
  4. Din Oloan Sihotang, M.Pd (Dosen STP Santo Bonaventura)

 

Rangkaian Kegiatan:

  1. Pembukaan dilakukan dengan doa bersama oleh Pastor Erwin Manullang, OFM.Cap untuk memohon petunjuk dan berkat Tuhan dalam kegiatan ini.
  2. Presentasi Materi:
  3. Pastor Erwin Manullang, OFM.Cap memberikan paparan tentang pentingnya keaktifan guru agama Katolik PNS dalam kehidupan gereja paroki dan latar belakang penyusunan buku pedoman ini.
  4. Bapak Marihuttua Pasaribu memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh guru agama Katolik PNS dalam konteks lingkungan paroki.
  5. Johannes Sohirimon Lumbanbatu, M.Th membahas prinsip-prinsip teologis yang mendasari kehidupan keagamaan dan pengabdian para guru agama Katolik PNS.
  6. Din Oloan Sihotang, M.Pd memberikan perspektif pendidikan tentang pendekatan dan metode yang efektif dalam membangun komitmen keagamaan di kalangan guru agama Katolik PNS.
  7. Diskusi dan Pembahasan
  8. Peserta melakukan diskusi terbuka untuk menyampaikan pertanyaan, pendapat, dan masukan terkait materi yang telah dipresentasikan.
  9. Fokus diskusi adalah pada identifikasi kebutuhan konkret para guru agama Katolik PNS dalam meningkatkan keaktifan mereka dalam kehidupan gereja paroki.
  10. Penyusunan Rencana Buku Pedoman
  11. Berdasarkan hasil diskusi, tim menyusun rencana awal untuk isi buku pedoman, termasuk pembagian materi dan pengaturan struktur.
  12. Setiap narasumber memberikan masukan dan saran untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh guru agama Katolik PNS

Penutup

  1. Pastor Erwin Manullang, OFM.Cap menyimpulkan kegiatan dengan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta atas kontribusi dan partisipasi mereka dalam pembuatan buku pedoman ini.
  2. Doa penutup untuk memohon kesuksesan dan berkat dalam implementasi buku pedoman yang akan disusun.
  3. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil mengumpulkan pemikiran dan pengalaman dari berbagai pihak terkait pentingnya memperkuat keaktifan guru agama Katolik PNS dalam kehidupan gereja paroki. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para guru agama Katolik PNS dalam memperdalam dan menghidupkan iman Katolik mereka dalam konteks pelayanan di paroki.