SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di STP Santo Bonaventura KAM
Sabtu, 18-05-2024

Pembukaan dan Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) STP Santo Bonaventura Tahun 2022

Selasa, 20 Juni 2023

STP Santo Bonaventura melaksanakan kegiatan Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) Tahun 2022 mulai tanggal 20-24 Juni 2022. Peserta PPA berjumlah 49 orang yang terdiri atas 41 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Kegiatan Pembukaan PPA dilaksanakan tanggal 20 Juni 2022, Pukul 08.00 WIB dan berlangsung di Aula Herman Yosef STP Santo Bonaventura. Acara pembukaan dihadiri oleh Plt. Direktur Pendidikan Katolik, Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI, Yuvensius Sepur, S.Fil., M.Si., Pengembang Teknologi Pembelajaran Bimas Katolik RI, Wuryanti, S.Pd melalui Virtual Zoom, Fungsionaris, seluruh Dewan Penguji, Peserta PPA dan Panitia Penyelenggara STP Santo Bonaventura Medan.

Penyelenggaraan Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) merupakan pengendalian mutu kelembagaan pendidikan tinggi yang menyangkut proses penilaian terhadap lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta (PTKKS). STP Santo Bonaventura sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta melaksanakan pengendalian mutu melalui Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) bagi mahasiswa. PPA menyangkut proses dan penilaian hasil belajar mahasiswa yang bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran lulusan berdasarkan prinsip penilaian yang edukatif, otentik, obyektif, akuntabel, dan transparan dan terintegrasi. Penyelenggaraan PPA bertujuan untuk menjamin pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi yang berlaku secara sistemik dan berkelanjutan sehingga budaya mutu tetap tumbuh dan berkembang. Budaya mutu yang tetap dikembangkan dan diterapkan ialah budaya pola pikir (aspek pengetahuan), pola sikap (Aspek Afektif), pola perilaku (Aspek Keterampilan) berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi. Capaian standar mutu STP Santo Bonaventura ialah peserta PPA siap bersaing, qualified dan pakar pada terapan bidang ilmu yang ditekuni. Pengakuan kepakaran ini ditandai dengan perolehan pengakuan kualifikasi pendidikan dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Pengakuan terhadap kualifikasi hanya akan diperoleh apabila lulusan atau peserta PPA mampu mengaktualisasikan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) sesuai kebutuhan pasar kerja baik dalam lingkup masyarakat maupun Gereja.

Pembukaan Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) secara resmi dibuka oleh Plt. Direktur Pendidikan Katolik, Dirjen Bimas Katolik, Kemenag RI, Yuvensius Sepur, S.Fil., M.Si., melalui Virtual Zoom dan dalam sambutannya Direktur pendidikan tinggi menyampaikan arahan sekaligus motivasi kepada peserta PPA agar tetap mempertahankan apa yang sudah dikerjakan atau ditulis sehingga mampu mempertanggungjawabkannya dalam ujian sidang skripsi. Peserta PPA menjadi guru agama katolik yang membawa nama harum STP Santo Bonaventura, dan peserta PPA menjadi pelopor moderasi beragama yang punya prinsip sungguh-sungguh Katolik dan Pancasilais. Direktur pendidikan Bimas Katolik RI berperan dan berfungsi untuk mengawas dan melakukan monitoring terhadap pelaksanaan PPA karena itu beliau menegaskan agar PPA dilaksanakan dengan baik dan benar serta jauh dari masalah sengketa PPA.

Ketua STP Santo Bonaventura Dr Pulumun Peterus Ginting sekaligus penanggungjawab kegiatan menyatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan PPA ini secara legal yuridis mengacu dari SK Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementrian Agama Republik Indonesia No. 95 Tahun 2022, tanggal 28 April 2022 yang berisikan tentang Pembentukan, pengangkatan Panitia, Dosen Penguji, Pengawas dan Petugas Monitoring Pusat, serta penetapan Peserta PPA. Dalam sambutannya, Ketua STP menyampaikan arahan agar 1) Dosen Penguji Penilaian Pembelajaran Akhir STP Santo Bonaventura mendukung pelaksanaan PPA, menguji hasil kerja [kompetensi penelitian] mahasiswa, menguji kemampuan peserta terhadap apa yang telah dikerjakannya dan memberikan penilaian obyektif kepada peserta ujian PPA demi mencapai lulusan yang bermutu dan berdaya saing sesuai kompetensi yang diharapkan pada Abad ke-21 ini. 2) Peserta PPA, mahasiswa-mahasiswi STP Santo Bonaventura agar tetap mengikuti secara tertib dan mensukseskan pelaksanaan PPA Tahun 2022 dan menjaga iklim akademik yang sehat selama ujian PPA berlangsung. 3) Panitia internal PPA STP Santo Bonaventura agar memberikan dukungan selama berlangsungnya ujian PPA ini dengan melakukan layanan terbaik.

STP Santo Bonaventura menjaga mutu perguruan tinggi dan mutu lulusan sehingga dapat mewujudkan visi misi yakni  STP Santo Bonaventura menjadi Institusi yang unggul dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Pendidik Keagamaan Katolik, Katekis atau Tenaga Pastoral yang berguna bagi Gereja dan Negara.