SEKILAS INFO >
Selamat Datang Di STP Santo Bonaventura KAM
Sabtu, 18-05-2024

Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Open Journal System 02-06 November 2023

Rabu, 8 November 2023


Peserta dalam kegiatan ini seluruh peserta  merupakan pengelola jurnal dari setiap Sekolah Tinggi Pastoral di seluruh Indonesia. Jumlah keseluruhan  peserta adalah 90 orang, yang masing-masing diutus oleh institusi mereka. Utusan dari STP Bonaventura: Dr. Din Oloan Sihotang., M.Pd., Dr. Erikson Simbolon., M.Pd. Dan Paulus Halek Bere, Lic. Biblia.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada peserta terkait dengan pembuatan, pengelolaan, dan pengembangan jurnal ilmiah menggunakan platform Open Journal System (OJS). Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar peserta dari berbagai institusi.

Rangkaian Kegiatan:

  • Hari 1: Pendahuluan dan Pengenalan Open Journal System
  1. Pembukaan acara oleh Bapak Direktur Pendidikan kementrian agama bimas katolik.
  2. Presentasi konsep dasar dan manfaat penggunaan OJS dalam pengelolaan jurnal ilmiah.
  3. Demonstrasi praktis penggunaan OJS oleh fasilitator dari tim teknis.
  • Hari 2: Pengelolaan Jurnal di OJS
  1. Pembahasan mengenai proses pengelolaan jurnal di OJS, termasuk manajemen pengguna, penugasan editor, reviewer, dan penerbit.
  2. Diskusi kelompok mengenai tantangan yang mungkin dihadapi dalam pengelolaan jurnal dan strategi mengatasinya.
  • Hari 3: Tahapan Penerbitan di OJS
  1. Penjelasan mendetail tentang tahapan-tahapan dalam penerbitan artikel menggunakan OJS, termasuk proses pengiriman, review, revisi, dan publikasi.
  2. Praktik langsung pengelolaan proses penerbitan melalui simulasi kasus.
  • Hari 4: Aspek Teknis dan Administratif OJS
  1. Pelatihan teknis mengenai pengaturan dan konfigurasi OJS, termasuk manajemen plugin, template, dan metadata.
  2. Sesi diskusi tentang aspek administratif dalam pengelolaan jurnal, seperti kebijakan editorial, etika publikasi, dan manajemen lisensi.
  • Hari 5: Evaluasi dan Penutup
  1. Sesi evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan, termasuk feedback dari peserta.
  2. Penutupan oleh penyelenggara dengan penyerahan sertifikat kepada peserta sebagai penghargaan atas partisipasi dan kontribusi mereka selama pelatihan.
  3. Hasil dan Kesimpulan:

Kegiatan pelatihan pembuatan dan pengelolaan Open Journal System (OJS) ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan keterampilan praktis kepada peserta, termasuk utusan dari STP Bonaventura, dalam menggunakan platform tersebut untuk keperluan pengelolaan jurnal di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Katolik.

Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan ini dalam pengelolaan jurnal di institusi masing-masing, sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan kualitas jurnal-jurnal ilmiah yang dihasilkan.

Hasil Istimewa dari kegiatan ini untuk STP Santo Bonaventura adalah adanya kemampuan dan kemauan untuk me-reform dan medesain ulang jurnal STP “in Veritate lux” menjadi jurnal yang berkualitas dan ilmiah. Karena itu ketiga dosen diatas langsung “gercep” memperbaiki jurnal dan mengusulkan  jurnal STP “in Veritate lux” supaya masuk pada proses akreditasi. Kita harapkan Bersama supaya jurnal tersebut bisa terindeks Sinta.